Persebaya Surabaya Resmi Datangkan Kiper Baru

By ommed


nusakin.com - Persebaya Surabaya coba memperdalam skuad mereka dengan mendaratkan penjaga gawang baru. Kiper asal Cilacap berusia 34 tahun, David Ariyanto, menjadi pemain keempat di posisi tersebut untuk skuad Bajul Ijo musim ini.

Sebelumnya Persebaya sudah memiliki tiga kiper namun tidak semuanya dalam kondisi siap. Satria Tama yang awalnya diproyeksikan sebagai kiper utama malah dibekap cedera, dan Ernando Ari menjadi deputi Satria pada pekan pertama.

Debut Ernando diwarnai ketidakberuntungan, karena gawang kiper berusia 19 tahun itu malah dibredel tiga gol. Kehadiran David yang notabene merupakan pemain senior diharapkan memperbagus persaingan kiper dan mendongkrak kualitas tim di posisi itu.


"Kami masih belum tahu seberapa lama Satria Tama istirahat. Sebagai langkah antisipasi kami kontrak David. Memang kebutuhan tim," ujar Benyamin Van Breukelen sebagai pelatih kiper Persebaya, seperti dilansir dari laman resmi klub, Kamis, 9 September.

Dari segi usia yang sudah senior, tentu David punya pengalaman panjang di sepakbola Indonesia. Ia pernah membela Borneo FC, lalu sebelumnya ada Sriwijaya FC, PSM Makassar, PSMS Medan hingga Kalteng Putra.


"Dia skill sudah ada. Pengalaman juga banyak. Pas kalau kondisi mendadak seperti sekarang. Jadi tidak perlu waktu banyak untuk mengasah skillnya,"tutur Beny, sapaan akrab Benyamin. "Dia masih butuh waktu untuk mengembalikan kondisi. Sama saya mau meningkatkan power-nya, dia kurang di power."


Pada pekan pertama Liga 1, Persebaya tidak menurunkan keempat pemain asing mereka karena terbentur regulasi. Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Jose Wilkson, dan Alie Sesay tak bisa dimainkan karena belum menerima vaksin dosis kedua.

Keempatnya memang belum bisa dimainkan pada pekan kedua, ketika Persebaya bentrok dengan TIRA Persikabo. Namun, kabarnya keempat nama asing tersebut akan mendapat vaksin dosis kedua lebih cepat. Sementara itu, pemain muda Marselino Ferdinan sudah melengkapi vaksin.

"Kami juga ketambahan Marsel dan Arif [Satria] yang bisa diturunkan. Marsel sudah vaksin dosis kedua, jadi siap untuk main," buka Aji Santoso, pelatih Persebaya. "Kami sudah komunikasi soal Marsel. Nanti dia bisa main. Lagipula kan jaraknya gak terlalu jauh dari Jakarta," beber Aji, memastikan akan memanggil Marsel dari TC Timnas Indonesia U-18 untuk tanding.